Buka Usaha Pakai Modal Uang THR, Emang Bisa? Begini Caranya

Menjelang berakhirnya bulan suci ramadhan seperti sekarang ini ada satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para pekerja, yakni Tunjangan Hari Raya atau yang biasa disebut THR. Biasanya THR ini sendiri di cairkan H-7 menjelang Lebaran.

Menerima THR full di masa pandemi seperti ini, bak ketiban rezeki nomplok di siang bolong. Terkadang para pekerja ini boro-boro mendapatkan THR, gaji bulanan dibayar utuh saja sudah bersyukur. Jumlah THR yang cukup besar, tak ada salahnya dimanfaatkan untuk sesuatu yang produktif dan berguna. Sehingga mampu memberikan cuan sampingan, salah satunya untuk modal usaha. Lalu bagaimana menyiasati agar uang THR tak habis begitu saja?

Yuk, simak ulasan mengelola uang THR secara baik untuk modal usaha! Ini dia tipsnya.

1. Tunda mudik

Kamu yang lagi merantau, mudi bisa dikatakan sebagai aktifitas yang wajib. Jatah libur dari perusahaan yang terkadang tak begitu panjang, membuat para perantau ini sebisa mungkin melakukan mudik untuk melepas rindu dengan keluarga ataupun teman-teman di kampung halamannya.

Namun, tak dipungkiri jika mudik ini memerlukan biaya yang tak sedikit. Mudik dengan membawa tangan kosong terasa aneh, biasanya perantau ini membawa buah tangan untuk dibagikan ke keluarga, saudara ataupun teman-temannya. Saat dihadapkan dengan kondisi seperti ini, ada baiknya kamu langsung mengintip kondisi keuanganmu. Jika di rasa cukup dan tidak mengganggu THR, silahkan mudik. Tetapi jika kenyataan berkata lain, sebaiknya tunda dulu untuk membuat usaha impianmu.

2. Tentukan jenis usaha

Sebelum menghitung modal awal, kamu perlu menentukan jenis usaha apa yang ingin digeluti. Pastikan juga, usaha tidak terlalu jauh dari THR yang kamu dapatkan. Memulai dengan yang sederhana tidak ada masalah, asalkan perencanaan awalnya sudah matang agar usahamu tetap tumbuh dan berkembang.

Selain riset dan mencari referensi mengenai usaha apa yang ingin kamu buka. Ada tips mudah yang bisa kamu coba, yakni optimalkan kemampuan serta hobi yang kamu punya. Bisa dibilang dengan mengoptimalkan kedua hal tersebut, modal yang kamu keluarkan tak begitu besar tapi punya keuntungan yang menggiurkan lho!

3. Buat skala prioritas

Anggarkan besaran modal sesuai dengan kebutuhan. Buatlah prioritas yang lebih penting terlebih dahulu tanpa harus terburu-buru, agar semua kebutuhan tetap terpenuhi. Jika sudah, hitung modal awal secara detail, kemudian bandingkan dengan jumlah THR yang kamu dapatkan.

Pertimbangkan juga tambahan modal dari luar THR untuk membangun usaha sampinganmu. Tambahan dana dari sumber lain bukanlah pilihan yang buruk, selagi perhitungan modal sudah terperinci. Suntikan modal baru ini dapat membuat usahamu lebih cepat berkembang dan kamu juga bisa membuat usaha rumahan dengan skala yang besar.

4. Siapkan biaya tak terduga

Pastinya tidak ada yang tahu tentang jalan kedepan, inilah yang membuat betapa pentingnya menyiapkan biaya tak terduga atau dana cadangan untuk usahamu. Jangan semuanya dihabiskan untuk modal usaha. Sisihkan sebagian dana THR anda untuk kebutuhan sehari-hari dan juga keperluan usahamu di lain hari untuk antisipasi apabila anda memerlukan modal tambahan atau biaya tak terduga lainnya.

5. Manfaatkan media sosial dan platform e-commerce

Media sosial, seperti facebook, twitter, instagram, youtube dan lainnya memang menjadi senjata andalan untuk berdagang. Penjualan via media sosial ini terbukti ampuh dalam menarik konsumen.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung menjadi mitra sebuah e-commerce. Buka toko online, berukan promo menarik, beri layanan yang ramah, maka rate terbaik dari konsumen akan kamu dapatkan. Sehingga mampu menarik calon konsumen baru.

Setelah mengetahui ke lima tips diatas, kiranya kamu masih bingung gak nih usaha apa yang ingin kamu jalankan dengan bermodalkan uang THR mu? Dilansir dari acc.co inilah beberapa ide usaha yang patut kamu coba dengan modal uang THR!

Ide Usaha Sampingan yang Patut Kamu Coba!

Sumber : Pexels.com

1. Jualan online

Berniaga atau berdagang menjadi usaha yang bisa dibilang menjanjikan. Kejelianmu dalam melihat setiap peluang yang ada dalam urusa berdagang akan membuat jualanmu akan cepat laku keras. Mengetahui apa yang sedang tren dan produk yang sedang banyak digandrungi masyarakat harus kamu manfaatkan betul.

Terlebih lagi, berjualan sekarang sangatlah mudah. Kamu bisa bergabung di e-commerce atau memanfaatkan media sosial milikmu. Untuk usaha sampinganmu sebagai seorang pekerja atau karyawan, jualan online tidak memerlukan modal yang fantastis. Kamu bisa menjadi seorang reseller, dropshipper, thrift baju second, jual makanan beku, dan masih banyak lagi.

2. Freelance

Menjadi freelance nyaris tak memerlukan modal, kamu juga bisa mengandalkan keahlianmu dalam suatu bidang. Saat ini banyak platform-platform freelance yang tersedia, sebut saja Upwork, Fiverr, Sribulancer dan Project yang membuat kamu lebih mudah terhubung dengan calon klien mu. Menjadi seorang freelancer profesional, tentunya juga membutuhkan dukungan peralatan seperti laptop dan layanan internet jika kamu tertarik menjadi seorang freelancer tulisan dan desain. Serta kamera jika kamu ingin menjadi seorang frerlancer fotografer.

Sama seperti jualan online, menjadi freelance ini banyak cakupannya. Disela-sela kesibukanmu menjadi seorang karyawan, kamu bisa mencoba diluar bidang pekerjaan utamamu. Misalnya menjadi agen ansuransi, jurnalis, penerjemah, editor dan masih banyak lagi.

3. Open jastip

Hobi berbelanja, berwisata atau jalan jalan? Ini juga bisa menjadi ladang cuan sampinganmu lho! Menjadi seorang jastip (jasa titip) merupakan cara yang efektif agar kamu mendapat pemasukan diluar pekerjaanmu. Jastip terbukti memiliki banyak peminatnya, apalagi pandemi yang tak kunjung menjadi endemi membuat masyarakat mager keluar rumah. Produk kecantikan, baju, makanan, skin care dan kebutuhan sehari-hari menjadi barang paling laku dalam dunia jastip ini.

Jastip terbilang mudah dan modal yang diperlukan hanya untuk membayar barang sesuai keinginan klien. Setelah transaksi dengan klien berhasil, maka kamu akan mendapatkan balik modal yang kamu keluarkan plus dapat komisi. Modal yang kamu keluarkan bervariasi dan tak menentu tergantung dari permintaan klien.

Memanfaatkan uang THR untuk membangun usaha sampingan memang bukan hal yang mustahil. Anggap saja dengan memiliki bisnis sampingan tersebut kamu menambah uang tabunganmu buat kehidupan selanjutnya. Realisasikan keinginanmu menjadi nyata dengan ke lima tips diatas. Sesuaikan modal dan jenis usaha yang ingin kamu rintis, jangan lupa juga cari yang sesuai dengan keahlianmu.

Share your love

Leave a Reply