Memaksimalkan Landing Page untuk Perkembangan Bisnis

Kecanggihan dunia digital memang mampu mempengaruhi semua sektor kehidupan manusia, sebut saja dalam dunia bisnis. Bagi anda yang sudah lama terjun di dunia digital, tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah landing page atau halaman arahan.

Sebagai pelaku dari digital marketing, terlebih kalau anda memiliki toko online. Anda harus benar-benar memahami beberapa elemen yang ada dalam strategi ini. Hal ini dapat membantu dalam perkembangan bisnis anda dan juga tepat sasaran dan lebih efisien.

Tanpa berlama-lama lagi mari kita kupas beberapa hal mengenai landing page.

Landing Page Under Construct Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD
Sumber : Freepik.com

Apa itu landing page?

Bersumber dari laman definite.co.id Landing page merupakan suatu halaman dalam situs web yang dirancang khusus untuk ide pemasaran atau campaign marketing. Gimana sih maksudnya? Oke, kita ambil contoh ketika kita melihat iklan di Instastory, biasanya tertera perintah untuk swipe-up.

Ketika anda melakukan swipe-up, maka anda akan langsung tertuju pada halaman yang tertentu, kan? Nah, halaman itulah yang disebut dengan landing page. Intinya, ini merupakan halaman yang akan ditampilkan apabila ada seseorang mengakses website anda dari hasil pencarian. Entah itu paid search ataupun tidak.

Manfaat landing page

Berdasarkan pemahaman diatas, ada beberapa manfaat dari landing page ini sendiri. Apa saja? Yuk, kita bahas sama-sama!

1. Media Promosi

Manfaat pertama adalah sebagai media promosi yang sangat ampuh dan efektif. Dalam hal ini anda bisa memberikan informasi terkait marketing yang sedang anda jalankan. Promosi misalnya, anda bisa menonjolkan desain atau font yang menarik agar pembeli kepincut dengan promosi yang sedang anda tawarkan

2. Meningkatkan Conversion Rate

Selain menjadi media promosi, manfaat lain adalah untuk meningkatkan presentasi conversion rate anda. Sehingga, seseorang bukan hanya sekedar mengunjungi atau sekedar membaca isi dari web anda saja.

Mereka juga bisa melakukan satu aksi, sepeti berlangganan atau membuat akun di dalam website anda. Disinilah tugas anda sebagai pemilik website harus men-trigger pengunjung website anda untuk melakukan aksi yang anda inginkan.

3. Mendapatkan Data Lead

Dengan ini, anda sebagai pemilik website akan mendapatkan nama, email atau informasi data diri lainnya dari pengunjung. Biasanya di dalam website anda terdapat satu perintah khusus yang sifatnya mengajak para pengunjung untuk mendapatkan informasi terbaru jika ada tawaran terbaru dari produk anda melalui email tadi.

4. Penyampaian pesan lebih terarah dan fokus

Karena hanya memiliki satu halaman. Konten yang dibuat harus menarik, informasi yang diberikan harus lengkap serta jelas dan desainnya dibuat se kreatif mungkin. Tujuan utamanya hanya berfokus pada satu penawaran saja, yaitu mengarah ke penjualan produk atau kontak yang tersedia.

Fungsi landing page

Setelah mengetahui manfaatnya, maka tak afdol jika anda tidak mengetahui apa fungsinya. Dari uraian diatas, maka fungsi dari halaman arahan ini ada dua yaitu untuk mengumpulkan data leads pengunjung. Data leads ini perlu dijaga oleh pebisnis dan harus di kumpulkan, tujuannya agar anda tidak akan kehilangan calon pelanggan di masa mendatang.

Selanjutnya adalah untuk mempermudah transaksi. Karena halaman arahan ini dibuat untuk memasarkan barang, maka tak jarang pelanggan akan membeli barang dari halaman arahan ini. Dengan adanya halaman ini, pelanggan tak perlu repot-repot untuk mencari tombol navigasi dan juga pelanggan tidak akan terdistraksi atau terlaihkan ke halaman-halaman lainnya saat sedang proses pembelian.

Hal ini perlu diperhatikan! Karena dalam digital marketing minimnya distraksi ini akan menurunkan bounce rate. Sehingga anda akan mendapat cuan lebih banyak!

Jenis-jenis landing page

Sebelum memutuskan untuk membuat fitur ini, anda harus paham dengan jenis-jenisnya. Secara umum jenis dari halaman arahan ini ada dua yakni leads gen dan click-through landing pages.

1. Leads gen

Sumber : Plandodigital.com

Fungsi dari leads gen ini adalah untuk mendata calon pelanggan, teurtama data berupa nama dan alamat email. Data yang sudah didapatkan ini akan disimpan dan dipakai bisnis untuk mempererat hubungan dengan pelanggan, contohnya untuk promosi, mengirimkan katalog tentang tawaran terbaru dari produk anda. Biasanya halaman ini ditampilkan dalam bentuk form. Jenis dari halaman ini sangat cocok anda gunakan dalam digital marketing, jika anda memiliki bisnis B2B dan tipe bisnis produk atau jasa yang memiliki tarif cukup mahal.

2. Click-through landing pages

Free Vector | Online shopping concept for landing page
Sumber : Freepik.com

Jenis ini biasanya digunakan dalam e-commerce atau model marketing bisnis-ke-konsumen atau B2C. Jenis ini akan langsung menggirirng atau mengajak pengunjung ke halaman website anda dan melakukan pembelian disana. Biasanya tampilannya seperti CTA atau tombol bertuliskan perintah “Buy Now, Shop Now, Pilih Sekarang, Add to Chart dan lain sebagainya”. Karena dengan begini akan mempengaruhi pelanggan agar tidak beralih ke halaman lainnya.

Nah, itu tadi secuil pembahasan mengenai landing page. Sekarang pahamkan betapa pentingnya landing page ini! Pasti semakin tertarik nih menggunakan landing page untuk melancarkan strategi digital marketing anda. Semoga, dengan membaca artikel ini, bisa membuat anda lebih paham tentang apa itu landing page, manfaat, fungsi dan juga jenisnya.

Kalau kebetulan anda baru berkecimpung di dunia bisnis, dan masih bingung nih dengan strategi digital marketing. Anda bisa konsultasikan saja apa masalah anda dengan plandodigital.com untuk mewujudkan keinginan anda dalam menyukseskan bisnis.

Share your love

Leave a Reply