Mengenal Apa Itu Digital Marketing

Mengenal Apa Itu Digital Marketing

Di era sekarang, hampir semua orang pernah merasakan yang namanya digital marketing. Enggak percaya? Coba jawab beberapa pertanyaan ini. Pernah enggak kalian pas scrool media sosial ada iklan dari suatu produk? Pernah enggak pas baca info di media sosial dalam di akhir postingannya ada produk? Atau dapet broadcast buat beli suatu barang dari Whatsapp temen atau orang yang enggak dikenal? Nah, kalau kalian pernah mengalami beberapa hal atau semua dari pertanyaan sebelumnya kalian udah pernah jadi sasaran digital marketing.

Pengertian

Jadi digital marketing itu apa? Secara sederhana digital marketing adalah salah satu jenis pemasaran yang dilakukan melalui media digital, entah itu media sosial atau website. Digital Marketing juga bisa dikatakan sebagai cara perusahaan mempertemukan produknya kepada konsumen secara digital atau online.

Sejarah dan Perkembangan

Dilansir dari Ibizcoach Istilah digital marketing sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 1990, sedangkan banner iklan online mulai dibuat dua tahun setelah digital marketing diperkenalkan. Dalam perkembangannya sekarang digital marketing tidak hanya selalu soal pamflet, brosur, ataupun iklan produk yang disebarkan melalui internet. Banyak perusahaan yang membangun citra dengan konsumen melalui internet, menjaga hubungannya dengan pelanggan, dan juga menjual produk secara tidak langsung.

Di Indonesia sendiri istilah digital marketing sangat naik daun ketika masa awal pandemi yang mengharuskan segala kegiatan dilakukan di rumah. Maka ada banyak pengusaha yang harus beralih dari penjualan kovensional ke penjualan online, sehingga digital marketing juga banyak terdengar di berbagai kalangan.

Keunggulan Digital Marketing

Digital marketing sendiri banyak memiliki keunggulan, salah satunya adalah tidak terbatasnya jarak antara konsumen dan penjual. Di mana pun konsumen berada bisa membeli produk dari penjual melalui internet. Dengan tidak adanya batas jarak dan tempat membuat jumlah orang yang bisa kita jadikan konsumen lebih luas. Selain itu, dengan digital marketing memngurangi biaya produksi iklan karena beberapa tools digital marketing bisa dibuat bahkan tanpa biaya, misalnya adalah pembuatan konten di media sosial ataupun e-commers yang selain bisa mengenalkan produk ke konsumen juga bisa mengedukasi konsumen terkait produk yang kita jual.

Dalam perkembangannya juga, digital marketing tidak harus dilakukan oleh perusahaan sendiri, perusahaan bisa menggunakan jasa freelancer ataupun agensi. Hal ini akan sangat memudahkan karena perusahaan tidak perlu repot mengurus website ataupun media sosialnya sendiri. Salah satu agensi yang menawarkan jasa tersebut adalah Plandodigital, yang siap memberikan jasa terbaik dan profesional untuk digital marketing perusahaan.

Share your love

Leave a Reply